Perusahaan adalah suatu organisasi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. Berdasarkan definisi ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan memiliki 5 unsur penting, yaitu : organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan dan cara yang menguntungkan.
2. Tempat kedudukan dan letak perusahaan
Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Dengan demikian tempat kedudukan dan letak perusahaan harus diputuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap ditinjau dari aspek ekonomi maupun teknis, dan juga mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan dimasa depan.
> Tempat kedudukan perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut yang pada umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain.
> Letak perusahaan
Letak perusahaan ialah tempat perusahaan
melakukan kegiatan fisik atau pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor
ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi
perusahaan terutamadalam kaitannya dengan biaya. Letak perusahaan dapat
dibedakan menjadi 4 jenis. Yaitu :
a. Terikat
keadaan alam
b. Terikat
sejarah
c. Terikat
oleh pemerintah
d. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi
3. Lembaga dan perusahaan sosial
Perusahaan merupakan
satu unit tindakan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat.
Unit kegiatan seperti ini sering disebut lembaga sosial. Perlu dibedakan antara
perusahaan dan lembaga sosial umum, dan yang membedakannya adalah adalah
penekanan prioritas perusahaan perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup dan
tanggung jawab sosial, maka perusahaan adalah sebaliknya lebih berorientasi
pada perolehan keuntungan.
Tujuan perusahaan
1. Keuntungan maksimal (laba)
Laba merupakan kelebihan
harga jual barang dan jasa di atas ongkos-ongkos yang dipakai untuk
menghasilkannya. Ongkos-ongkos ini terdiri dari upah kerja, sewa tanah dan
bunga modal. Sebuah perusahaan dengan tujuan laba maksimal biasanya adalah
lembaga atau badan usaha untuk mengadakan konsentrasi modal. Dengan tercapainya
laba maksimal maka tercapai pula tujuan-tujuan lain perusahaan, antara lain :
- Kelangsungan
hidup (survival)
- Pertumbuhan
perusahaan (growth)
- Prestise
2. Kesejahteraan anggota
Lembaga
dengan tujuan utama untuk mencapai kesejahteraan anggota badan usahanya berbentuk
koperasi yang bukan merupakan lembaga untuk mengadakan konsentrasi modal,
tetapi konsentrasi orang.
3. kesejahteraan masyarakat
Lembaga dengan tujuan
utama untuk mencapai kesejahteraan masyarakat biasanya merupakan lembaga atau
badan usaha milik pemerintah (negara). Contohnya BOLOG, PAM, PLN, PERUMNAS,
PJKA dan sebagainya.
Perusahaan sebagai suatu sistem
Perusahaan adalah suatu
sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara
langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi
barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan
kebutuhan masyarakat maupun tanggung jawab sosial.
Sifat sistem perusahaan
a. Kompleks
b. Sebagai
kesatuan atau unit
c. Beragam
d. Saling bergantung
e. Dinamis
Fungsi-fungsi perusahaan
1. Fungsi operasi
Pembelian dan produksi,
pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi,
administrasi, teknologi informaso dan komunikasi, pelayanan umum dan fungsi
operasi penunjang.
2. Fungsi manajemen
Perencanaan,
pengorganisasian, pengarah dan pengendalian.
Ciri-ciri perusahaan
1. Operatif,
adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia atau
distribusi barang dan jasa.
2. Koordinasi,
adanya koordinasi didalam elemen-elemen perusahaan.
3. Regular,
adanya keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak
maju untuk mencapai kesinambungan perusahaan.
4. Dinamis,
mampu mengikuti dan menyesuaikan diriterhadap perubahaan lingkungan.
5. Formal,
tunduk terhadap peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian.
6. Lokasi, perusahaan
didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang jelas letak
geografisnya.
7. Pelayanan bersyarat, keberhasilan perusahaan
tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang jelas letak
geografisnya.
4. Lingkungan perusahaan
Secara umum
lingkungan perusahaan dibagi menjadi dua macam :
1. Lingkungan eksternal
: faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi kegiatan perusahaan.
Faktor ini ada yang mempengaruhi secara langsung pada kegiatan usaha (eksternal
mikro) maupun secara tidak langsung (eksternal makro).
2. Lingkungan eksternal : faktor-faktor yang berada
didalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
5. Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
Kesempatan bisnis atau
bisnis selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Perusahaan yang tidak mampu
menyesuaikan diri dengan lingkungan maka akan tersingkir dari dunia bisnis.
Pendekatan yang dilakukan dalam melihat bisnis dan lingkungan adalah dengan
cara melihat tempat kedudukan dan perusahaan, mengerti jenis-jenis lingkungan
perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan. Pada awalnya pendekatan ini
dilakukan dengan berorientasi pada produsen yang berarti semua produk apa saja
akan terjual. Tetapi seiring berjalannya waktu dan bertambah ketatnya
persaingan antar pengusaha maka orientasinya berubah menjadi kepada konsumen.
sumber
http://indahfebrinamora.blogspot.co.id/2015/01/pengantar-bisnis-bab-1-sampai-bab-14.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar