Selasa, 17 Januari 2017

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

1. Pengertian perusahaan
       Perusahaan adalah suatu organisasi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. Berdasarkan definisi ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan memiliki 5 unsur penting, yaitu : organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan dan cara yang menguntungkan.

2. Tempat kedudukan dan letak perusahaan
      Tempat dan letak perusahaan merupakan salah satu faktor pendukung penting yang dapat menjamin tercapainya tujuan perusahaan. Dengan demikian tempat kedudukan dan letak perusahaan harus diputuskan dengan hati-hati atas dasar fakta yang lengkap ditinjau dari aspek ekonomi maupun teknis, dan juga mempertimbangkan fleksibilitasnya terhadap kemungkinan dimasa depan.

  > Tempat kedudukan perusahaan
Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut yang pada umumnya dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain.
  > Letak perusahaan
Letak perusahaan ialah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efisiensi perusahaan terutamadalam kaitannya dengan biaya. Letak perusahaan dapat dibedakan menjadi 4 jenis. Yaitu :
      a. Terikat keadaan alam
      b. Terikat sejarah
      c. Terikat oleh pemerintah
      d. Dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi

3. Lembaga dan perusahaan sosial
      Perusahaan merupakan satu unit tindakan produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat. Unit kegiatan seperti ini sering disebut lembaga sosial. Perlu dibedakan antara perusahaan dan lembaga sosial umum, dan yang membedakannya adalah adalah penekanan prioritas perusahaan perusahaan terhadap laba, kelangsungan hidup dan tanggung jawab sosial, maka perusahaan adalah sebaliknya lebih berorientasi pada perolehan keuntungan.

Tujuan perusahaan

1. Keuntungan maksimal (laba)
    Laba merupakan kelebihan harga jual barang dan jasa di atas ongkos-ongkos yang dipakai untuk menghasilkannya. Ongkos-ongkos ini terdiri dari upah kerja, sewa tanah dan bunga modal. Sebuah perusahaan dengan tujuan laba maksimal biasanya adalah lembaga atau badan usaha untuk mengadakan konsentrasi modal. Dengan tercapainya laba maksimal maka tercapai pula tujuan-tujuan lain perusahaan, antara lain :
    - Kelangsungan hidup (survival)
    - Pertumbuhan perusahaan (growth)
    - Prestise

2. Kesejahteraan anggota
       Lembaga dengan tujuan utama untuk mencapai kesejahteraan anggota badan usahanya berbentuk koperasi yang bukan merupakan lembaga untuk mengadakan konsentrasi modal, tetapi konsentrasi orang.
3. kesejahteraan masyarakat
       Lembaga dengan tujuan utama untuk mencapai kesejahteraan masyarakat biasanya merupakan lembaga atau badan usaha milik pemerintah (negara). Contohnya BOLOG, PAM, PLN, PERUMNAS, PJKA dan sebagainya.

Perusahaan sebagai suatu sistem

     Perusahaan adalah suatu sistem karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun tanggung jawab sosial.

Sifat sistem perusahaan

       a. Kompleks
       b. Sebagai kesatuan atau unit
       c. Beragam
       d. Saling bergantung
       e. Dinamis

Fungsi-fungsi perusahaan

  1. Fungsi operasi
      Pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informaso dan komunikasi, pelayanan umum dan fungsi operasi penunjang.
  2. Fungsi manajemen
      Perencanaan, pengorganisasian, pengarah dan pengendalian.

Ciri-ciri perusahaan
       1. Operatif, adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi,                penyedia atau distribusi barang dan jasa.
       2. Koordinasi, adanya koordinasi didalam elemen-elemen perusahaan.
       3. Regular, adanya keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu                bergerak maju untuk mencapai kesinambungan perusahaan.
       4. Dinamis, mampu mengikuti dan menyesuaikan diriterhadap perubahaan                          lingkungan.
       5. Formal, tunduk terhadap peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan                pendirian.
       6. Lokasi, perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan                  yang jelas letak geografisnya.
       7. Pelayanan bersyarat, keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi                dalam suatu kawasan yang jelas letak geografisnya.

4. Lingkungan perusahaan
       Secara umum lingkungan perusahaan dibagi menjadi dua macam :
         1. Lingkungan eksternal : faktor-faktor diluar dunia usaha yang mempengaruhi                    kegiatan perusahaan. Faktor ini ada yang mempengaruhi secara langsung pada              kegiatan usaha (eksternal mikro) maupun secara tidak langsung (eksternal                      makro).
         2. Lingkungan eksternal : faktor-faktor yang berada didalam kegiatan produksi dan              langsung mempengaruhi hasil produksi.

5. Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
        Kesempatan bisnis atau bisnis selalu dipengaruhi oleh lingkungan. Perusahaan yang tidak mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan maka akan tersingkir dari dunia bisnis. Pendekatan yang dilakukan dalam melihat bisnis dan lingkungan adalah dengan cara melihat tempat kedudukan dan perusahaan, mengerti jenis-jenis lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan. Pada awalnya pendekatan ini dilakukan dengan berorientasi pada produsen yang berarti semua produk apa saja akan terjual. Tetapi seiring berjalannya waktu dan bertambah ketatnya persaingan antar pengusaha maka orientasinya berubah menjadi kepada konsumen.


sumber

http://indahfebrinamora.blogspot.co.id/2015/01/pengantar-bisnis-bab-1-sampai-bab-14.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar